Ini Daftar 11 Aplikasi Azan dan Salat Yang Mencuri Data di Hp Annda

aplikasi Azan dan Salat pencuri data di Google Play Store
Sumber :
  • tangkap layar instagram @siberpolda metrojaya

BANDUNG – Hati-hati bagi anda yang telah mengunduh beberapa aprlikasi ini, pasalnya sejumlah aplikasi Azan dan Salat yang tersedia di Google Play Store dapat mencuri data pribadi di gawai anda.

Jelang Mudik Lebaran 2024, Pemerintah Siapkan Ini ke Para Pemudik

Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mencatat ada 11 aplikasi azan hingga Al-Quran yang diduga mencuri data. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menyelidiki hal ini.

Juru bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menyampaikan, aplikasi-aplikasi tersebut beredar di Google Play Store.

Kominfo Klaim Takedown 51 Konten Hoaks Selama Masa Kampanye Pemilu 2024

"Koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya akan dilakukan terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku," kata Dedy dalam keterangan pers, yang digelar pada Kamis, 21 April 2022

Ia juga menyampaikan bahwa Google telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data pengguna secara ilegal.

Pengguna TikTok Dihebohkan dengan Siaran Langsung Game Pornografi, Kominfo Angkat Bicara

Aplikasi-aplikasi ini diwajibkan menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh pengguna di Google Play Store.

"Kominfo meminta masyarakat untuk memeriksa daftar aplikasi yang diduga mengambil data pribadi secara tanpa hak," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title