Penjelasan Ahli Pidana Anak Soal Ancaman Pidana AG Pacar Mario Dandy

Ahli Pidana Anak, Ahmad Sofian dan AG, Pacar Mario Dandy
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Bandung – Pacar Mario Dandy, AG (15) telah ditetapkan sebagai pelaku (anak yang berhadapan dengan hukum) dalam kasus penganiayaan David Ozora yang terjadi pada 20 Februari 2023 lalu. Diketahui, AG disebut sebagai pelaku (bukan sebagai tersangka) karena merupakan anak di bawah umur.

Ngaku Masih Dendam Seumur Hidup, Ayah David Ingin Mario Dandy Dihukum Maksimal

Menanggapi hal itu, Ahli Pidana Anak, Ahmad Sofian menerangkan, apabila seorang anak berstatus berhadapan dengan hukum, maka akan ditangani secara khusus dengan melihat ancaman pidananya.

"Apakah ancaman pidananya kurang dari 7 tahun atau tidak. Kalau kurang 7 tahun wajib (diversi) atau restorative justice. Apa itu? Ada pertemuan antara keluarga pelaku anak dengan keluarga korban untuk mencari musyawarah mufakat atau tidak," ujar Ahmad Sofian seperti dilansir pada Selasa (07/03/2023).

Tersangka Kasus Penyematan Bendera Merah Putih di Leher Anjing Tidak Akan Tuntut Balik Pelapor

AG, Pacar Mario Dandy

Photo :
  • TikTok

Lebih lanjut, Ahmad Sofian menjelaskan, apabila keputusan musyawarah menghasilkan kesepakatan saling memaafkan, maka status anak akan dialihkan ke sistem peradilan pidana dengan anak dikembalikan ke orangtua atau lembaga sosial.

Hotman Paris Sorot Kasus Penyemat Bendera pada Anjing Peliharaan

Sedangkan apabila ancaman pidananya lebih dari 7 tahun, maka boleh dilakukan diversi restorative justice.

"Kalau keluarga korban ingin restorative justice maka akan difasilitasi oleh polisi. Apakah terjadi kesepakatan atau tidak," ungkap Ahmad.

Halaman Selanjutnya
img_title