Tingkat Partisipasi Masyarakat Indonesia Terhadap Pemilu Masih Membanggakan

Tingkat persentase pemilih masih membanggakan
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Menteri dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian simpaikan partisipasi pemilih di Indonesia pada Pemilu 2019 menjadi yang tertinggi kedua di dunia di angka 81,07 persen hal yang tentu harus kita banggakan.

Membanggakan! Prilly Latuconsina Berhasil Raih Penghargaan Apresiasi Perempuan Berpengaruh

"Ini kita harus bangga, pada Pemilu 2019 ini, pertama kali, the highest (tertinggi) partisipasi pemilihnya," kata Tito dalam dalam acara Dialog Kebangsaan Bersama Partai Politik, di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 13/3/23, dikutip dari viva.co.id

Tingkat partisiapsi pemilih tersebut jauh melampaui tingkat patisipasi di negeri Paman Sam di angka 66 persen. Saat pemilihan antara Amerika Donald Trump vs Joe Biden.

Dihujat Usai Perselingkuhan Syahnaz, Jeje Govinda Putuskan Jadi Caleg Parpol

"Kemarin kita lihat di Amerika Donald Trump vs Joe Biden, itu tingkat partisipasi pemilih mereka hanya 66% tapi bagi mereka itu tingkat partisipasi tertinggi di sana sejak 100 tahun yang lalu. Jadi Indonesia ini angka 81% ke atas sangat baik sekali," kata dia.

Tingkat partisipasi pemilih menurutnya, merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilu. Pemilihan Umum akan berjalan dengan sesuai dengan aturan jika masyarakat dijamin partisipasinya dalam memilih wakil rakyat.

Raffi Ahmad Bongkar Alasan Jeje Govinda Jadi Caleg PAN: Waktu Diselingkuhi...

"Jadi partisipasi pemilih ini jadi salah satu indikator keberhasilan pemilu, selain dari berlangsung aman dan lancar sesuai aturan yang berlaku, tidak terjadi konflik, serta satu lagi, pemerintah yang ada tetap berjalan lancar baik di pusat maupun daerah," ucap Tito