Sebelum Jadi Pimpinan Al Zaytun, Panji Gumilang Ternyata Pedagang Beras

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bandung – Pendiri Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) Imam Supriyanto baru-baru ini menjadi narasumber dalam program Catatan Demokrasi di tvOne yang tayang pada Selasa, 20 Juni 2023.

Zakat Fitrah Lebih Utama Pakai Beras atau Uang? Ini Jawaban Ustadz Adi Hidayat

Pada kesempatan itu, ia menceritakan terkait bagaimana pendirian Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun yang kini sedang viral di media dengan berbagai kontroversinya.

Menurutnya Imam, dirinya adalah pendiri Ponpes Al Zaytun sebelum Panji Gumilang dipilih menjadi pemimpin. Saat mendirikan Al Zaytun pada tahun 1994, ia mengaku tidak sendirian. Melainkan dibantu oleh temannya bernama Haji Sarwani yang saat ini sudah meninggal dunia.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

“Saya sebagai salah satu pendiri dengan Haji Sarwani almarhum, kita ingin menampilkan kader-kader melalui pendidikan formal, jadi alumni-alumni ini bisa tampil dengan pendidikan yang kita dirikan,” ucap Imam dikutip VIVA Bandung pada Jumat (23/6/2023).

Saat awal didirikan, kata Imam, Ponpes Al Zaytun masih murni mengajarkan agama seperti pesantren-pesantren pada umumnya. Namun, semua berubah setelah Panji Gumilang berkuasa.

Tak Hanya Divonis 1 Tahun, Panji Gumilang Harus Bayar Biaya Perkara

Pendiri Yayasan Pesantren Indonesia (YPI), Imam Supriyanto

Photo :
  • Tangkapan Layar

Lebih lanjut, Imam mengungkap bagaimana kisahnya saat bertemu dengan Panji Gumilang. Semu itu bermula pada tahun 2005 saat Haji Sarwani meninggal dunia. Sehingga ia hanya sendirian mengurus Al Zaytun. Oleh sebab itu, Imam memutuskan untuk mencari pengurus.

Halaman Selanjutnya
img_title