Putra Pendiri NU Kiyai Hasib Tegaskan Panji Gumilang Ngotot Ingin Dirikan Negara Islam

KH Hasib Wahab
Sumber :

VIVA Bandung – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu yang dipimpin oleh Panji Gumilang tetap menjadi sorotan publik. Pasalnya, ponpes yang terletak di Desa Mekarjaya Kecamatan Gantar itu selalu memunculkan sikap yang kontroversial. Salah satunya adalah pernyataan Panji Gumilang yang menyebut nasab atau keturunan Nabi Muhammad adalah identitas yang aneh.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Menanggapi persoalan itu, KH Hasib Wahab selalu putra pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Wahab Chasbullah angkat bicara. 

Dilansir dari VIVA Group, Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang itu mengatakan, Ponpes Al Zaytun menganut paham keagamaan dan kebangsaan berbeda dengan Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) seperti yang mayoritas dianut oleh umat Islam Indonesia.

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

“Dilihat dari latar belakang pemikirannya itu kan memang suatu pengejawantahan daripada kelanjutan negara Islam (NII). Jadi otomatis alirannya beda dengan Aswaja yang moderat,” kata KH Hasib Wahab pada wartawan di Kantor PBNU, Jum'at (23/6/2023).

Lebih lanjut, KH Hasib Wahab menyebut, ideologi Pancasila yang dikatakan Panji Gumilang soal hanyalah kamuflase belaka. Menurutnya, Ponpes Al Zaytun pantas diduga sebagai salah satu pusat gerakan Negara Islam Indonesia (NII) yang dikenal radikal.

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • VIVA.co.id

“Pancasilanya itu merupakan suatu kamuflase. Tapi niat pertamanya itu yaitu, supaya membentuk suatu generasi penerus yang Wahabilah, dalam arti paham yang keras,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title