Muhadjir Effendy Mengatakan Bahwa Ujaran Kebencian Dapat Merusak Mental dan Kejiwaan

Muhadjir Effendy
Sumber :

Viva Bandung – Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), menekankan pentingnya literasi keagamaan lintas budaya di tengah tantangan dunia menghadapi ujaran kebencian.

Soal Isu Polri Tidak Netral, Jaringan Aktivis Nusantara: Itu Fitnah dan Ujaran Kebencian

Menurutnya, situasi saat ini yang semakin terhubung secara digital membuat persebaran pesankebencian juga sangat mudah dan bisa merusak kerukunan masyarakat.

"Saat ini dunia dihadapkan tantangan besar dalam bentuk ujaran kebencian yang semakin merajalela dan semakin sulit dikendalikan," kata Muhadjir selaku pembicara kunci dalam webinar internasional yang diadakan Maarif Institute dan Institut Leimena

Mengaku Terbiasa Dihujat, Rina Nose Justru Jadikan Hujatan sebagai Ide Konten, Seperti Apa?

Webinar tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Internasional untuk Melawan Ujaran Kebencian yang jatuh setiap tanggal 18 Juni. 

Menko PMK menyatakan ujaran kebencian tidak hanya mempengaruhi stabilitas sosial, tapi juga menimbulkan kerusakan moral, mental, serta jiwa secara sistematis dan berkelanjutan. Pada gilirannya juga menciptakan perpecahan dan konflik di berbagai belahan dunia.

Marco Karundeng, Provokator Bentrokan Bitung Ditangkap, Polisi Ungkap Tempat Penangkapan

Dia juga menyebut pentingnya penguatan literasi digital dan penggunaan teknologi komunikasi dengan bertanggung jawab untuk memerangi fenomena sangat berbahaya berupa ujaran kebencian secara online. 

"Literasi Keagamaan Lintas Budaya merupakan praktik sangat penting dalam mempromosikan pemahaman, toleransi, dan kerja sama antar budaya. Melalui pemahaman lebih dalam tentang kepercayaan dan praktik keagamaan berbeda-beda, kita dapat membangun jembatan yang kokoh antar komunitas dan menciptakan dunia lebih harmonis," kata Muhadjir.

Halaman Selanjutnya
img_title