Menko PMK Muhadjir Effendy Mengungkap Kurikulum Ponpes Al Zaytun Tengah Dicek Ulang

Ponpes Al-Zaytun
Sumber :

Viva Bandung – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk melakukan cek ulang terhadap kurikulum di ponpes Al Zaytun yang dipimpin oleh Panji Gumilang.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Menurutnya, ini berhubungan untuk melakukan pembinaan kepada anak-anak yang tengah menuntut ilmu di sana.

“Pembinaannya itu termasuk pembinaan personel, makanya dari sisi itu akan kita lihat guru-gurunya, ustaz-ustaznya, kurikulumnya dicek apakah itu sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan Kementerian Agama atau tidak,” kata Muhadjir di Jakarta pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pembinaan kepada anak didik di ponpes Al Zaytun harus sesuai dengan undang-undang dan peraturan pemerintah yang berlaku. Kementerian Agama memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembinaan terhadap madrasah.

“Lembaga ini harus ada pembinaan, dan. wewenang pembinaannya itu ada di Kementerian Agama,” jelas dia.

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

Selain itu, Muhadjir mengatakan setelah tim yang disusunnya mengamati di lapangan bahwa tidak ada satu pun pondok pesantren baik itu cabang atau terafiliasi dari Al Zaytun yang melakukan hal menyimpang seperti yang diduga masyarakat. 

“Dicek sampai seberapa dugaan yang dianggap ‘menyimpang’, yang harus dibuktikan secara hukum itu apakah juga ada dalam kurikulum atau tidak. Sejauh ini, tim yang saya susun untuk mengamati di lapangan tidak ada satu pun ponpes yang terafiliasi Al Zaytun melakukan hal yang menyimpang,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title