Panji Gumilang Ditetapkan sebagai Tersangka Penistaan Agama, Begini Reaksi Aktivis Yahudi

Panji gumilang
Sumber :

Viva Bandung – Pimpinan ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang, ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama oleh Bareskrim Polri.

3 Pelaku Baru Penganiayaan Taruna STIP Terungkap, Peran Masing-Masing Dibongkar

Aktivis pro Israel dan Yahudi, Monique Rijkers, ikut menyoroti penetapan status tersangka pada Panji Gumilang. Monique mengaku sangat menyayangkan penetapan dan penangkapan terhadap pimpinan ponpes Al Zaytun itu.

"Saya sangat menyayangkan jika hari ini terjadi penetapan tersangka kepada Panji Gumilang dan juga mungkin ada penangkapan, saya sangat menyayangkan," kata Monique, di tvOne, Selasa malam, 1 Agustus 2023.

Bukan Penistaan Agama, Ini Alasan TikToker Galih Loss Buat Konten Soal Taawudz

Monique mengatakan tidak seharusnya Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama. Mengenai pernyataan-pernyataan Panji Gumilang di Ponpes Al Zaytun, mestinya tidak dijadikan masalah oleh aparat penegak hukum di Indonesia.

Dia menyebutkan bahwa tidak lama lagi Indonesia akan memperingati hari raya kemerdekaan yang ke-78. Seharusnya Indonesia sudah lebih dewasa dalam menyikapi adanya perbedaan dalam beragama dan berkeyakinan.

Ditangkap Polisi Buntut Penistaan Agama Islam, TikToker Galih Loss: Saya Minta Maaf

"Sebentar lagi Indonesia akan merayakan ulang tahun yang ke 78, dan kita masih berkutat pada isu-isu tentang penistaan agama tentang isu-isu negara dalam negara," kata Monique.

Dia mengungkapkan, terkait polemik Al Zaytun ini sebenarnya hanyalah isu yang terus berulang selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya sudah jelas pemerintah sendiri tidak menyatakan Al Zaytun sesat dan itu dibuktikan dengan pernyataan Kementerian Agama pada tahun 2012 yang menyebut Al Zaitun bukan lembaga pendidikan radikal.

Halaman Selanjutnya
img_title