Tok! MK Resmi Tolak Gugatan Batas Usia Capres-Cawapres RI

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Mahkamah Konstitusi (MK) telah membacakan putusan mengenai batas usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Hasilnya MK pun memutsukan untuk menolak seluruhnya. Hal itu diucapkan oleh Ketua MK Anwar Usman pada Senin, 16 Oktober 2023 di gedung MK, Jakarta.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar Senang PDIP Nyungsep di 2024

"Amar putusan mengadili menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya," kata Anwar Usman, Senin.

Salah satu pertimbangan MK mengapa memutuskan untuk menolak gugatan ini adalah karena penentuan batas usia Capres Cawapres merupakan kewenangan membentuk UU.

Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Sebagai Presiden 2024, Habib Bahar: Harus Terima

"Menurut mahkamah batas minimal usia calon presiden, calon wakil presiden yang disesuaikan dengan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara, sepenuhnya merupakan ranah pembentuk undang-undang untuk menentukannya. Oleh karena itu dari permohonan a quo tidak beralasan menurut Hakim,"

Diketahui, MK dijadwalkan akan membacakan sidang pembacaan putusan gugatan terkait usia minimum capres/cawapres pada Senin, 16 Oktober 2023.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo, Namun Tetap Anggap Sebagai "Pengkhianat"

Sidang putusan batas umur capres-cawapres di Mahkamah Konstitusi

Photo :
  • Viva.co.id

Dikutip dari situs resmi MK, beberapa gugatan yang akan diputuskan antara lain perkara Nomor 29, 51, dan 55/PUU-XXI/2023. Perkara itu antara lain, nomor 29/PUU-XXI/2023 dengan pemohon Dedek Prayudi.

Halaman Selanjutnya
img_title