Surya Paloh: Duet Pemersatu Bangsa Ganjar-Anies

Kader PDIP Ganjar Pranowo diusung Capres oleh Nasdem
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mewacanakan pasangan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai duet pemersatu bangsa pada pilpres 2024. Keduanya dipasangkan bertujuan untuk mencegah polarisasi.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Bahkan Surya Paloh mengklaim sudah menyampaikan hal terebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Peneliti utama Pusat Data Riset (Pusdari) Gabryel Alexader mengatakan potensi duet pemersatu ala Surya Paloh tersebut susah untuk terwujud. Pasalnya ada beberapa hal yang mengganjal keduanya untuk Bersatu dalam satu barisan koalisi.

MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN, Surya Paloh: Perjuangan Tidak Boleh Berhenti

“Pertama calon yang di usung NasDem adalah kader aktif PDIP, di Rakernas kemarin sudah jelas untuk Capres PDIP ada di tangan Megawati, bahkan Ganjar sendiri yang membacakan. Itu kendalanya," ujar Gabryel, Senin, 4 Juli 2022.

"Selain itu, antara Surya Paloh dan Megawati sang Ketua Umum PDIP kurang harmonis dan belakangan terus mengkrucut, sindir menyindir diantara pimpinan tertinggi Nasdem dan PDIP cukup kentara, ini sulit jika bersatu,” sambungnya. 

Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

Antara Surya Paloh dan Megawati, kata Gabryel, ibarat perang dingin yang secara diam-diam terlibat revalitas, apalagi keduanya dianggap sebagai king maker pada Pilpres 2024.

“Tentu saja Anies yang sudah dicalonkan sebagai salah satu Capres dari Nasdem, akan sulit untuk bertemu dengan Ganjar. Megawati secara tegas tidak ingin ada yang istilahnya begal membegal kadernya, kecuali kader tersebut menyatakan keluar dari barisan partai moncong putih,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title