5 Langkah Mudah Daftar Bantuan Sosial di Kantor Desa
- istimewa
VIVABandung – Pendaftaran bantuan sosial bisa dilakukan langsung di kantor desa atau kelurahan terdekat. Proses ini dirancang sesederhana mungkin untuk memudahkan masyarakat.
Penting diingat bahwa seluruh proses pendaftaran tidak dipungut biaya apapun.
Langkah pertama adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen wajib meliputi KTP asli Kartu Keluarga dan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW. Fotokopi setiap dokumen sebanyak dua rangkap juga diperlukan.
Setelah dokumen lengkap datangi kantor desa pada jam kerja. Sebaiknya datang di pagi hari untuk menghindari antrean panjang. Sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mendaftar sebagai calon penerima bantuan sosial.
Petugas desa akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen. Proses ini meliputi pengecekan keaslian dokumen dan kesesuaian data. Pastikan semua informasi yang Anda berikan adalah data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
Tahap berikutnya nama Anda akan dimasukkan dalam daftar calon penerima. Daftar ini akan dibahas dalam musyawarah desa yang biasanya dilakukan setiap bulan. Musyawarah ini melibatkan perangkat desa tokoh masyarakat dan perwakilan warga.
Data yang lolos verifikasi tingkat desa akan diteruskan ke Dinas Sosial kabupaten/kota. Proses di tingkat kabupaten membutuhkan waktu untuk pemeriksaan dan validasi lebih lanjut.