DPR Ultimatum Jenderal Dudung Tanggapi Statmen TNI 'Gerombolan'

Anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan
Sumber :
  • Adi Suparman

BANDUNG - Beredar video Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jendral Dudung Abdurachman mengerahkan para Perwira TNI jangan diam dan merespon pernyataan Anggota DPR RI Effendi Simbolon yang dinilai menyinggung wibawa TNI. Effendi saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada Senin 5 September 2022 menyebut bahwa TNI seperti gerombolan. 

DPR Setuju Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Menyikapi hal itu, Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menjelaskan, masalah tersebut sudah sewajarnya jangan sampai diprovokasi oleh pihak manapun. Terlebih, Effendi sudah melayangkan permohonan maaf secara terbuka atas pernyataannya.

"Sesama di Komisi 1, saya terkejut dengan pernyataan keras Pak Effendi kepada Panglima TNI dan KSAD. Bisa dikatakan pernyataan beliau bisa menimbulkan ketidak nyamanan dan ketidak sukaan kepada beberapa pihak," ujar Farhan dalam keterangannya, Rabu 14 September 2022.

Jenderal Dudung Minta Prajuritnya Setop Marahi Effendi Simbolon

Muhammad Farhan

Photo :
  • Istimewa

Farhan memastikan pihaknya menghormati lembaga TNI yang sangat dipercayai publik. "Tetapi dengan berpegang teguh kepada aturan yang ada, apapun pernyataan seorang anggota DPR di sidang resmi dijamin konstitusi walaupun ada hak untuk tidak setuju dan tidak menyukai isi pernyataannya, bukan berarti hak berpendapat Pak Effendi melanggar hukum," ujarnya.

Jenderal Dudung Minta Prajurit TNI Berani 'Omeli' Effendi Simbolon

Farhan menilai beredarnya video sosok KSAD Jendral Dudung, agar hati - hati disikapi. Pasalnya, TNI merupakan lembaga Negara paling dipercaya versi survei. "Menimbulkan rasa khawatir dalam diri saya, melihat respon para personel TNI yang dapat menimbulkan persepsi bahwa TNI bisa bertindak secara keras atas sebuah pernyataan seorang anggota DPR RI yang dijamin oleh konstitusi," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title