Mendagri Diminta Sikapi Kendala Pelayanan Publik di Papua

Anggota DKISIP Heri Herdiawanto
Sumber :

Bandung – Anggota Forum Komunikasi Dekan FISIP se Indonesia (DKISIP) Heri Herdiawanto mendorong Kemendagri untuk segera turun tangan. Terutama, dalam menjaga kualitas pelayanan publik di Provinsi Papua. Apalagi, Kemendagri merupakan kepanjangan tangan pemerintah pusat dalam membina dan mengawasi pelaksanaan otonomi daerah.

Ahok Masuk Bursa Kandidat Calon Gubernur Jakarta 2024 dari PDI-P

"Soliditas penegak hukum dan support pemerintahan/birokrasi oleh Kemendagri jelas perlu segera turun tangan demi menjaga kualitas pelayanan pada publik," ujarnya, Kamis, 20 Oktober 2022.

Menurutnya, tata kelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terganggu lantaran Gubernur Lukas Enembe dalam beberapa waktu terakhir tinggal di rumahnya. Hal itu terjadi karena politikus Partai Demokrat sakit dan berstatus tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi APBD.

Masjid dan Gereja Terdalam di Dunia! Berada di 1.760 Meter Bawah Tanah, Ternyata Ada di Indonesia

"Akibatnya, tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah secara maksimal," ucapnya. 

Meskipun mendorong Mendagri untuk bersikap, Heri meminta Tito Karnavian dan jajarannya tidak melewati batas kewenangannya.

Sangat Menarik Ditunggu, Liga 1 Musim Depan Benar-benar Liga Indonesia

"Benar, tetap proporsional dan profesional sesuai rambu-rambunya." ungkapnya.

Di sisi lain Alumnus Doktoral Ilmu Politik Universitas Indonesia ini, menyayangkan sikap kuasa hukum Lukas Enembe yang meminta KPK menyelesaikan masalah korupsi dengan pendekatan hukum adat Papua. Pangkalnya, setiap orang memiliki kedudukan yang sama di mata hukum.

Halaman Selanjutnya
img_title