Meski Gubernur Terjerat Kasus Hukum, Papua Harus Tetap Damai

David Edward Danya
Sumber :

Bandung – Ketua Dewan Adat Suku Tepera Depapre Papua, David Edward Danya mengajak semua pihak yang ada di Papua menjaga kondusifitas keamanan dan kedamaian Papua. Apalagi, akan dilaksanakan kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) pada 24 - 30 Oktober mendatang.

Ahok Masuk Bursa Kandidat Calon Gubernur Jakarta 2024 dari PDI-P

"Kondisi yang damai diperlukan agar dalam penyelenggaraan Kongres di adat Tabi Jayapura Papua berjalan baik dan lancar. Termasuk tanpa ada gangguan maupun kekhawatiran masyarakat dan para delegasi adat yang berasal dari seluruh Indonesia," ujarnya kepada wartawan, Jumat, 21 Oktober 2022.

Menurutnya, faktor keamanan menjadi salah satu perhatian semua elemen masyarakat di Papua. Terutama, pasca ditetapkan gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka oleh KPK.

Masjid dan Gereja Terdalam di Dunia! Berada di 1.760 Meter Bawah Tanah, Ternyata Ada di Indonesia

"Kondisi di Papua sempat menjadi kekhawatiran masyarakat, karena para pendukung Lukas Enembe dari pegunungan turun ke kediaman gubernur. Sehingga menghambat pelaksanaan proses hukum KPK," ucapnya

 Dirinya menegaskan, tidak mengakui Lukas Enembe sebagai kepala suku besar. Dia hanya mengakui Lukas sebagai gubernur Papua. "Papua memiliki berbagai adat dan tidak bisa dikukuhkan berdasarkan perwakilan kepala suku saja," tegasnya.

Sangat Menarik Ditunggu, Liga 1 Musim Depan Benar-benar Liga Indonesia

Menurutnya, setiap daerah di Papua termasuk yang di pesisir pantai juga memiiki kepala suku dan ondoafi masing - masing.

"Tidak bisa Lukas Enembe mengklaim sepihak sebagai kepala suku besar di tanah Papua," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title