DPR Bahas Kemiskian Kultural saat Grebek Warga Miskin di Purwakarta

Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Kemiskinan masih menjadi permasalahan dasar yang terus dibenahi oleh pemerintah. Namun kemiskinan terus lahir karena masyarakat mengalami pergeseran budaya yang menjadikan mereka terjebak.

Resmi Tutup Pabrik di Purwakarta, Begini Sejarah Brand Sepatu BATA

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menilai banyak masyarakat yang terjebak dalam kemiskinan kultural. Kemiskinan tersebut membuat mereka terjebak dalam rutinitas yang semakin terpuruk.

Seperti keluarga yang ditemukan Kang Dedi Mulyadi di Kampung Sukamanah, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao. Keluarga tersebut hidup di rumah bedeng yang berada di lahan milik Jasa Marga berdekatan dengan jalan tol.

Viral! Video Pabrik Sepatu Bata Tutup di Purwakarta, Begini Fakatanya

"Sudah pada makan belum?," ujar Kang Dedi saat masuk ke rumah tersebut.

Keluarga tersebut baru saja makan nasi dengan lauk potongan bonteng yang dimasak bumbu cikur. Menurut sang ibu, Mimin, ia baru hari ini makan dengan lauk seperti itu, biasanya mereka hanya makan nasi dengan garam atau penyedap rasa.

Nikahi Polisi Bandung, Anak Camat di Purwakarta Kaget Diberi Mahar Emas Palsu

Sehari-hari keluarga tersebut hidup dari penghasilan kepala keluarga, Agus Deni, yang berjualan minuman keliling di pasar malam dan acara hiburan. Dalam satu hari mereka biasa mendapatkan uang Rp 20-50 ribu.

"Hujan terus jadi lagi sepi, paling bawa uang Rp 20-50 ribu sehari. Itu juga sudah habis untuk beli beras," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title