5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Obat-obatan

Ilustrasi haid
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Siklus haid atau menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama berikutnya.

Tips dan Trik Mulung Koin di Tiktok, Dijamin Auto Sultan

Dilansir dari Healthline, siklus haid rata-rata adalah 28 hari. Namun periode tersebut bukan menjadi patokan resmi, setiap individu bisa memiliki rentang waktu menstruasi yang berbeda.

Haid masih dianggap teratur jika datang setiap 24 sampai 38 hari. Datang bulan baru dianggap tak lancar jika waktu antar periode terus berubah-ubah dan menstruasi datang lebih awal atau lambat. 

Berapa sih Nilai 1 Koin? Ini Tips Kaya Mulung Uang di Tiktok Sambil Ngabuburit

Langkah menyiasati agar haid menjadi lancar bisa dilakukan sendiri di rumah saja tanpa perlu ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan. Berikut 5 cara melancarkan haid secara alami. 

Yoga

FYP! Cara Mulung Koin di TikTok, Dapatkan Ratusan Ribu per Hari Sambil Tiduran

Bisa dibilang yoga merupakan pengobatan efektif untuk berbagai masalah menstruasi. Sebuah studi pada tahun 2017 membuktikan 64 wanita melihat efek berlatih yoga selama 12 pekan. Dari yoga, fungsi fisik menjadi meningkat, nyeri tubuh berkurang, pembengkakan, nyeri payudara, dan kram menjadi lebih jarang timbul.

Yoga juga menunjukkan mengurangi gejala emosional yang terkait dengan menstruasi seperti depresi dan kecemasan serta meningkatkan kualitas hidup wanita yang mengidap dismenore primer – kondisi yang menyebabkan rasa sakit luar biasa sebelum dan selama haid. 

Halaman Selanjutnya
img_title