Penyu Ini Terancam Punah Gegara Takhayul Soal Gairah Seks

Penyu
Sumber :
  • Luis Acosta

BANDUNG – Penyu Punta Chame yang habitatnya ada di semenanjung Panama yang menjorok ke Samudra Pasifik, menghadapi ancaman eksistensial yang mirip dengan badak dan trenggiling karena takhayul manusia.

Viral! Imbas War Takjil, Pendeta Ini Rayakan Paskah Pakai Telur Kinder Joy

Telur penyu yang dilindungi, dipanen secara ilegal dari pantai, dijual dari pintu ke pintu di kota seharga 75 sen hingga US$1 per butir yang diklaim afrodisiak atau meningkatkan gairah seksual

"Para pria berpikir bahwa dengan memakan telur penyu mereka akan mendapatkan lebih banyak kenikmatan seksual," kata Jorge Padilla, seorang konservasionis dari LSM Fundacion Tortuguias yang mengumpulkan dan menetaskan telur-telur berharga tersebut.

Kisah Nenek Usia 70 Tahun Rela Jadi PSK, Hanya Dibayar Rp4 Ribu

"Telur tidak akan membantumu. Mereka bukan afrodisiak," ujarnya lebih lanjut yang dikutip dari situs Science Alert, Minggu 20 November 2022.

Tupai zaitun (Lepidochelys olivacea) juga terdaftar sebagai hewan rentan di Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam karena jumlah yang menurun.

Kurang Gairah saat Bercinta? Cobain Gaya Pancake Ini, Dijamin Puas Sampai Klimaks

Kelangsungan hidupnya sangat bergantung pada orang-orang seperti Padilla dengan sukarelawan desa, mengumpulkan telur yang baru diletakkan dan menguburnya di pasir di pembibitan.

Ratusan menetas di sini setiap tahun antara Juli hingga Februari. Dalam beberapa jam mereka dibawa ke pantai dan dilepaskan di dekat tepi air oleh para sukarelawan. 

Halaman Selanjutnya
img_title