Benarkah Begadang Bisa Sebabkan Umur Bertambah Tua?

Ilustrasi Begadang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA BandungBegadang yang dilakukan meski hanya satu malam dapat membuat otak terlihat lebih tua, seolah-olah umur mereka bertambah satu hingga dua tahun dalam semalam, sebuah studi baru menunjukkan. Namun perubahan ini tampaknya menghilang setelah istirahat malam yang nyenyak.

Denny Sumargo Makan Sop Otak Kelinci, Buat Spermanya Makin Kental

Dalam studi tersebut para peneliti menggunakan machine learning untuk menghasilkan perkiraan "usia otak" menggunakan pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) pada otak orang-orang yang kurang tidur, yang mereka bandingkan dengan MRI mereka yang tiduk penuh selama satu malam penuh.

Hasil yang diterbitkan pada 20 Februari di Journal of Neuroscience ini menyarankan bahwa satu malam kurang tidur menghasilkan perubahan di otak yang serupa dengan yang terlihat setelah satu atau dua tahun penuaan.

Kualitas Sperma Denny Sumargo Rendah, Rela Makan Otak Kelinci Berkali-kali

"Usia otak adalah ukuran yang sangat menarik dalam hal melihat bagaimana perubahan dari kurang tidur," kata Judith Carroll, seorang profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral di University of California, Los Angeles yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Para peneliti menarik dari lima kumpulan data yang ada, termasuk data dari 134 peserta dalam empat kelompok yakni kurang tidur total (tidak tidur selama satu malam), kurang tidur sebagian (tiga jam di tempat tidur selama satu malam), kurang tidur kronis (lima jam di tempat tidur setiap malam selama lima malam) dan kelompok kontrol (delapan jam di tempat tidur setiap malam). 

Kisah Denny Sumargo yang Ingin Punya Anak, Rela Makan Otak Hewan Ini

Setiap orang menjalani MRI setiap malam, memungkinkan para peneliti untuk membandingkan bagaimana otak mereka terlihat sebelum dan sesudah kurang tidur, dan setelah istirahat malam penuh.

Para peneliti menentukan usia otak peserta menggunakan algoritma pembelajaran mesin yang disebut brainageR, yang dilatih berdasarkan data dari lebih dari 3.000 orang, menurut situs Live Science, Selasa, 28 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title