Tips Sehat Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Seharian

Ilustrasi Begadang
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Tidur yang sehat memiliki waktu sekitar 7-9 jam setiap malamnya, namun beberapa aktivitas terkadang membuat harus begadang atau tidak tidur semalaman seperti mengerjakan tugas atau lainnya. Tentu saja, efek dari begadang sangat serius bagi Kesehatan tubuh 

Saldo DANA Gratis 2,7 Juta Langsung Cair, Caranya Cuma Cek Nomor KK

Melansir dari hellosehat, menjelaskan dampak begadang tergantung dengan waktu yang dihabiskan tidak tidur semalaman. Seperti setelah begadang 24 jam ternyata dapat mempengaruhi penurunan kognitif terjadi penurunan daya ingat, kurang berkonsentrasi, dan kehilangan fokus atau dikenal dengan sebutan Brain Fog. 

Kemudian, setelah begadang 36 jam membuat tubuh menurun secara drastis artinya kemampuan fungsi kognitif menjadi merosot tajam seperti, tidak dapat memberikan respon cepat tanggap, penuruna konsentrasi, dan menurunnya imun Kesehatan tubuh yang mudah terkena inflamasi atau peradangan. 

Tak Mau Cerai? Ini 6 Tips Rumah Tangga Harmonis Menurut Psikolog

Setelah begadang 48 jam akan terjadi hormon peningkat nafsu makan akan meningkat dan resiko obesitas yang memicu penyakit jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi dengan memulihkan tubuh setelah begadang seharian. Simak tips sehat berikut ini. 

Ini Cara Nonaktifkan WhatsApp Sementara di HP Andorid dan IOS, Gampang Banget!

1. Tidur sebentar setelah begadang 

Setelah begadang seharian tentu saja tubuh juga perlu beristirahat dengan cara mengganti dan memperbaiki pola tidur. Jika tidak langsung tidur, boleh saja dengan diberikan jeda lalu tidurlah sekitar 30 menit, cara ini dikenal sebagai Power Nap. 

Halaman Selanjutnya
img_title