Benarkah Cokelat Bisa Turunkan Kadar Gula Darah?

Cokelat dan gula darah
Sumber :
  • Express.co.uk

BANDUNG – Diabetes tipe 2 adalah hasil dari produksi insulin yang buruk. Peran utama hormon ini adalah menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Penderita diabetes tipe 2 harus mengubah pola makan mereka untuk menghindari komplikasi yang dipicu oleh glukosa tinggi.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Penelitian menunjukkan makanan yang mengejutkan dapat membantu mengontrol kadar, makanan itu adalah cokelat. Lembut dan manis, cokelat adalah camilan favorit yang tidak pernah disimpan terlalu lama di lemari.

Sementara sebagian besar cokelat biasanya dikemas dengan gula, ada pengecualian untuk setiap aturan. Menurut penelitian di jurnal Nutrition and Metabolic Insights, jenis zat gelap tertentu bisa ampuh untuk menjinakkan kadar gula darah tinggi.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa gula darah tinggi postprandial dikaitkan dengan komplikasi pada pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2. Studi ini menemukan bahwa suguhan bebas gula menyebabkan glukosa darah lebih rendah dibandingkan dengan cokelat hitam konvensional selama ini.

Sementara penelitian ini tampaknya menjanjikan, para peneliti menambahkan bahwa efek jangka panjang pada kontrol glukosa "masih harus ditentukan".

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Alasan lain mengapa cokelat bermanfaat bagi penderita diabetes adalah kandungan magnesiumnya yang tinggi. National Institutes of Health menjelaskan bahwa kadar glukosa darah tinggi serta diabetes telah dikaitkan dengan kekurangan mikronutrien, termasuk kekurangan magnesium.

Selanjutnya, portal kesehatan menunjukkan bahwa magnesium juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan bahkan mengurangi risiko diabetest, demikian dilansir dari Express.

Halaman Selanjutnya
img_title