8 Buah Pelancar ASI, Mudah Didapat dan Menyehatkan

Ilustrasi buah-buahan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Ada beragam macam buah pelancar ASI (air susu ibu). Makan buah bagi ibu menyusui tak hanya sehat namun membuat hati gembira. Rasa manis, asam dan segar pada buah dapat meningkatkan gejolak emosi dari yang turun menjadi bahagia. Apalagi makan buah bisa disempatkan kapan saja dan di mana saja. Jika Mom sudah melakukan berbagai cara untuk memperlancar ASI namun suplai ASI masih tetap kurang atau tidak lancar, ada beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk melancarkannya, yakni dengan mengonsumsi makanan pelancar ASI.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Makan makanan protein tanpa lemak, beragam sayuran, dan biji-bijian serta buah-buahan sangat penting untuk ibu menyusui karena dapat membantu menjaga suplai ASI. Selama menyusui, disarankan untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang, termasuk mengonsumsi 2 sajian buah atau lebih setiap harinya. Ini karena, buah-buahan bisa menjadi sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk ibu menyusui, karena bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, mengonsumsi beberapa jenis buah juga bisa melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI lho, Mom. Mengutip Romper dan Kidspot, berikut beberapa buah pelancar ASI:

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

1. Blueberry

Blueberry bisa menjadi salah satu buah pilihan Busui, karena rasanya enak dan kaya akan beragam nutrisi, seperti vitamin C, antioksidan, dan serat. Selain itu, buah ini juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu menjaga stamina.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

Buah berwarna kebiruan ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya depresi pascamelahirkan, lho. Jika Busui sehat dan produksi ASI lancar, Si Kecil juga tentunya akan lebih sehat.

2. Jeruk

Halaman Selanjutnya
img_title