Penyebab hingga Cara Merawat Secara Alami Rambut Rontok

Ilustrasi rambut rontok
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Penyebab rambut rontok ada berbagai macam. Rambut rontok berlebihan dan pertumbuhan rambut yang lambat, bisa disebabkan oleh stres secara emosional, misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan sebagainya. 

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

Penyebab rambut rontok pada remaja bisa terjadi karena tidak cukup makan, makan terlalu banyak, atau tidak mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat. Beberapa penyebab potensial malnutrisi, biasanya karena kurangnya akses ke makanan, ketidakseimbangan pola makan, gangguan makan, atau kondisi pencernaan. 

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), rambut rontok 50-100 helai per hari masih dikategorikan normal. Meski begitu, apabila kerontokan rambut lebih dari 100 helai perhari, Anda perlu khawatir. Sebab, hal tersebut bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu. 

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi cukup untuk memenuhi nutrisi dari dalam, keramas juga bisa membantu atasi kerontokan. Selain itu, rambut yang sedang dalam kondisi basah lebih rentan patah dan rontok, dibanding saat kering.

Penyebab Rambut Rontok

Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Rambut rontok biasanya disebabkan oleh satu atau lebih seperti yang dilansir dari laman halodoc:

1. Riwayat keluarga (keturunan). Penyebab paling umum dari rambut rontok adalah faktor keturunan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebut alopecia androgenik, kebotakan pola pria dan kebotakan pola wanita. Biasanya terjadi secara bertahap dan dengan pola yang dapat diprediksi, yaitu garis rambut surut dan bintik-bintik botak pada pria dan penipisan rambut di sepanjang ubun-ubun kulit kepala pada wanita.

Halaman Selanjutnya
img_title