Tengkorak Manusia Berusia Jutaan Tahun Ditemukan di China

Fosil tengkorak manusia ditemukan di China
Sumber :
  • SCMP/CCTV

BANDUNG – Program penelitian yang dilakukan untuk melacak asal usul peradaban China telah mengalami kemajuan. Administrasi Warisan Budaya Nasional China mengumumkan hal tersebut pada Rabu, 28 September waktu setempat melalui konferensi pers seperti yang dilansir Global Times.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Mereka memperkenalkan penemuan arkeologi baru seperti fosil tengkorak manusia berusia 1 juta tahun, reruntuhan dermaga kuno, serta terobosan teknologi arkeologi. 

Program itu diadakan guna melacak asal usul peradaban China bertujuan mencakup lebih dari 20 proyek penggalian arkeologi antara lain yaitu upaya di situs reruntuhan inti seperti terobosan situs Erlitou dan Sanxingdui.

Begini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya Beri Pandangan

Para Arkeolog China mengungkapkan penemuan terbaru itu membantu memperdalam pemahaman tentang perkembangan kesatuan dalam keragaman peradaban China. 

Fosil tengkorak manusia ditemukan di China

Photo :
  • National Cultural Heritage Administration/Global Times
Profil, Karir dan Instagram Maria Zhang, Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Fosil tersebut adalah tengkorak manusia purba ketiga yang dapat ditelusuri hingga sekitar 1 juta tahun yang lalu yang menjadikannya Manusia Yunxian ketiga. Baru-baru ini juga ditemukan fosil manusia jenis homo erectus di Shiyan, Provinsi Hubei, China Tengah.

Gao Xing, seorang peneliti di Institute of Vertebrate Palaeontology and Paleoanthropology, mengutarakan bahwa tengkorak belum sepenuhnya digali dari tanah, tapi beberapa bagian termasuk tulang dahi dan rongga mata, tidak menunjukkan kerusakan yang jelas – membuat para arkeolog terkejut. Fosil itu merupakan tengkorak homo erectus paling utuh yang ditemukan di Eurasia.

Halaman Selanjutnya
img_title