Payudara Sakit saat Menyusui? Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Ketika menyusui tak sedikit ibu menyusui yang merasakan sakit atau nyeri di bagian puting dan payudara. Salah satu penyebab nyeri payudara yang kerap dialami oleh para ibu menyusui adalah meningkatnya produksi ASI. Namun tidak perlu cemas, rasa nyeri ini perlahan akan menghilang saat payudara Busui sudah bisa menyesuaikan produksi ASI dengan kebutuhan asupan Si Kecil.

Merinding! Begini Kronologi Remaja Bunuh Ibu Kandung di Sukabumi Pakai Garpu Tanah

Biasanya nyeri akan hilang dengan sendirinya dalam tiga bulan pertama menyusui. Penyebab payudara nyeri lainnya seperti tongue-tie, yaitu kelainan bawaan pada mulut yang menyebabkan bayi tidak leluasa menggerakkan lidahnya. Kondisi ini bisa membuat Si Kecil tidak dapat mengisap payudara dengan baik.

Hal inilah yang mengakibatkan munculnya nyeri payudara saat menyusui. Ketika bayi sudah mulai tumbuh gigi, gusinya akan menjadi lunak dan nyeri, sehingga ia akan menggigiti puting ibu. Hal ini bisa membuat puting ibu luka dan nyeri.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Menggunakan bra yang terlalu ketat bisa menekan payudara ibu menyusui dan menimbulkan rasa nyeri. Hal ini bisa diperparah jika bantalan pada bra tidak terbuat dari bahan yang lembut. Berikut cara mengatasi payudara sakit saat menyusui yang dilansir dari laman klikdokter:

1. Kompres Payudara

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Kompres payudara dengan air hangat dan air dingin secara bergantian selama 10-15 menit, sebelum menyusui bayi atau memompa ASI. Hal ini bisa membantu melancarkan ASI dan mengurangi rasa nyeri pada payudara.

2. Menyusui Secara Teratur

Halaman Selanjutnya
img_title