Pelajar di Sukabumi Olah Lemon California Jadi Cuan

Pelajar SMKN 1 Cibadak, Sukabumi
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – SMKN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berhasil mengembangkan produk sari buah dari komoditas lemon California. Buah kaya akan vitamin C-nya itu diolah menjadi minuman kemasan oleh para pelajar di sekolah tersebut.

Cara Hasilkan Cuan di Tiktok, Sambil Rebahan Sudah Jadi Sultan 7 Turunan

Bahkan, hasil tangan kreatif pelajar SMKN 1 Cibadak itu diminati pangsa pasar hingga menghasilkan cuan.

Kepala Sekolah SMKN 1 Cibadak, Iwan menerangkan, tak hanya olahan minuman kemasan, produk lemon yang dikembangkan oleh SMK Negeri 1 Cibadak juga ada hand sanitizer yang menggunakan ekstrak lemon. Adapun merek untuk produk minuman yaitu Lemonial dan hand sanitizer adalah HS Lemon PM.

Tips Sukses Daftar Shopee Affiliate, Cocok Cari Penghasilan di Bulan Ramadhan

Produk olahan-olahan dari SMKN 1 Cibadak ini banyak diburu oleh pelaku UMKM untuk diedarkan ke berbagai daerah, mulai dari Cianjur, Sukabumi hingga Bogor. Bahkan tidak sedikit sekolah dan lembaga lain yang memesan untuk dijual kembali.

"Untuk minuman sari lemon kita menyediakan yang dikemas menggunakan botol dan cup. Konsumen juga dapat memasangkan nama produk sendiri, namun ada persyaratan kuantiti," jelas Iwan, Jumat, 18 November 2022.

3 Cara Jitu Dapatkan Saldo DANA Gratis hingga Rp500 Ribu, Bisa Buat THR

Selain hasil olahan Lemon California, kata Iwan, SMKN 1 Cibadak juga memiliki produk unggulan lainnya, di antaranya roti, bakpia ubi ungu, Aghurt (yoghurt rasa buah), nata aloe (jelly lidah buaya), Selena (nata de coco), keripik pisang dan nangka.

"Itu yang ada di Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title