Menelisik Fakta Unik Kue Bulan, Cemilan Khas Imlek Dianggap Pembawa Keberuntungan

Kue bulan
Sumber :
  • Ist

BANDUNG – Perayaan Imlek biasanya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa melalui berbagai cara, seperti membagikan angpau dan beribadah bersama. Namun, hal penting dari perayaan tahun baru Imlek adalah jamuan makan keluarga dan orang-orang terdekat.

Gak Nyangka! Begini Kisah di Balik Mualafnya Dokter Tirta, Karena Sang Ayah?

Momen itu diyakini akan membawa kemakmuran, panjang umur, dan juga keberuntungan untuk tahun mendatang. Salah satu jamuan yang dianggap dapat memberikan keberuntungan saat Imlek adalah kue bulan. Berikut ini fakta-fakta unik dari kue Bulan.

1. Telah Ada Sejak Berabad-abad

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Diketahui bahwa kue ini sudah ada pada zaman dinasti Ming. Kue ini menandakan keutuhan mengenai rezeki, kedamaian, dan kesehatan. karena hal itu kue yang satu ini telah dimakan di Cina selama berabad-abad.

Pada zaman Diinasti Song (960-1279), awalnya kue ini disebut sebagai yue bing dalam bahasa Cina.Kue bulan secara khusus disebutkan dalam Kronik Dinasti Song Selatan oleh Wu Zhimu.

Profil, Karir dan Instagram Maria Zhang, Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Di masa pemerintahan Dinasti Tang Xizong (873–888), kue bulan juga disediakan oleh istana kepada para tamu selama Festival pertengahan Musim Gugur.

Tetapi meskipun asosiasi tersebut mungkin berasal dari Dinasti Tang, praktik pembuatan dan makan kue bulan yang meluas selama Festival Pertengahan Musim Gugur baru dimulai pada Dinasti Ming (1368–1644).

Halaman Selanjutnya
img_title