Kuliner Gudeg Ada Sejak Kerajaan Mataram, Terkenal Hingga Singapura

Kuliner khas Yogyakarta Gudeg yang populer hingga manca negara
Sumber :
  • tangkap layar instagram @defhappytummy

BANDUNG – Menjelajahi kuliner khas tradisional nusantara memang sangat menarik, apalagi masakan Indonesia memang patut dibanggakan.

Jarang Ada yang Tahu, Ini Pendiri Sekaligus Pemilik Aplikasi Dompet Digital DANA

Pasalnya, kuliner Indonesia merupakan salah satu masakan terlezat di dunia, dengan bumbu rempah-rempah yang begitu lengkap.

Ragam masakan Indonesia pun begitu banyak dan rata-rata membuatmu tergiur meskipun hanya melihat gambarnya saja, beikut ini ulasan kuliner khas Indonesia.

Perjalanan Gemilang Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024 Dipuji Pelatih Irak

Gudeg

Gudeg adalah hidangan khas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Berbanding Jauh, Segini Perbandingan Statistik Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23

Perlu waktu berjam-jam untuk membuat hidangan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan sambal goreng krecek.

Gudeg sangat populer di Jawa, hidangan ini merupakan hidangan populer baik sebagai masakan rumahan maupun hidangan jalanan.

Gudeg juga diproduksi secara industri sebagai makanan kaleng. Gudeg juga bisa ditemui di luar Indonesia, khususnya di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Sejarah Gudeg

Halaman Selanjutnya
img_title