DPR Sebut Vonis Hukum Mati Ferdy Sambo Akan Berubah, Ini Alasannya

Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Viva Bandung – Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memvonis mati Ferdy Sambo, Senin (13/2/2020).

Hotman Paris Sebut Gugatan Pilpres Kubu 01 Paling Ngambang: Digugat Apa, yang Dibahas Bansos

Atas pembunuhan Brigadir Jenderal J, Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J itu mendapat hukuman maksimal dari pasal 340 KUHP subsider pasal 338 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Meski Sambo dijatuhi hukuman mati, ia masih memiliki kesempatan untuk menghindari hukuman yang mengerikan itu. Hal itu disampaikan Arsul Sani, anggota Komisi III DPR.

Sidang Kasus Ibu Norma Risma, Akui Berzina di Kamar dengan Menantu

Politisi PPP itu mengatakan, hukuman mati terhadap terdakwa Ferdy Sambo bisa diringankan menjadi penjara seumur hidup. Hukum pidana baru dapat mengubah hukuman mati Ferdy Sambo, yang kemungkinan besar akan berlaku pada tahun 2026 karena perubahan hukum pidana baru.

"Jadi dengan vonis mati Pak Ferdy Sambo juga ada peluang untuk mengubahnya menjadi seumur hidup berdasarkan sistem peradilan pidana [baru] kita," kata Arsul, Selasa (14/2/2023) di gedung DPR, Jakarta Pusat.

Kuasa Hukum: Ibu Norma Risma Mengiyakan Dugaan Berzina dengan Rozy Zay Hakiki

Putusan Sambo belum final. Pasalnya, mantan Kadiv Propam Polri itu masih bisa mengajukan keberatan atau kasasi terhadap kasasi tersebut.

"Bahkan setelah itu, Anda bisa meminta tindakan luar biasa berupa amnesti," kata Arsul. Proses ini bisa memakan waktu hingga tiga tahun. Setelah tiga tahun, hukum pidana baru akan mulai berlaku.

Halaman Selanjutnya
img_title