Kenapa Richard Eliezer Tetap Jadi Polisi Meski Bunuh Brigadir J? Ini Alasannya

Bharada E
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA BandungRichard Eliezer atau Bharada E telah menyelesaikan sidang Komisi Kode Etik Profesi (KKEP) di Mabes Polri kemarin. Keputusannya, Richard tidak dipecat sebagai anggota Polri alias tetap menjadi polisi. Padahal dia sudah terbukti melakukan pembunuhan terhadap Novriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Ferdy Sambo Tidak Berhak Mendapat Remisi Natal, Begini Alasannya

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan terdapat berbagai pertimbangan hukum atas keputusan tersebut.

Pertama, Richard Eliezer belum pernah dihukum karena melakukan pelanggaran, baik disiplin, kode tik maupun pidana. 

Istri Ferdy Sambo Dapat Remisi Natal, Masih Harus Jalani Hukuman 9 Tahun

Kemudian yang kedua, karena Richard Eliezer mengakui kesalahan dan menyesali perbuatannya. Lalu, alasan ketiga yaitu Richard Eliezer telah menjadi justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama. 

Hal itu lantaran pelaku lainnya dalam kasus pembunuhan Brigadir J berusaha mengaburkan fakta yang sebenarnya dengan berbagai cara merusak, menghilangkan barang butki dan memanfaatkan pengaruh kekuasaan. 

Putri Candrawathi Dapat Remisi Natal 1 Bulan, Bagaimana dengan Ferdy Sambo?

Bharada E Jalani Kode Etik

Photo :
  • viva.co.id

“Tetapi, justru kejujuran terduga pelanggar dengan berbagai risiko telah turut mengungkap fakta yang sebenarnya terjadi,” kata Ramadhan dilansir dari VIVA, Jum'at (24/02/2023).

Halaman Selanjutnya
img_title