Ponpes Al-Zaytun Dinobatkan Pesantren Terbesar Se-Asia Tenggara, Ini Alasannya

Ponpes Al Zaytun Indramayu
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung –Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang mendirikan Pondok Pesantren Al Zaytun pada tahun 1996 di tanah seluas 1.200 hektar di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. 

Hukum Warteg yang Jual Makanan di Siang Hari Selama Ramadhan, Kata Buya Yahya

Yayasan Pesantren Indonesia sebelumnya mengelola Ponpes Al Zaytun. Pada 27 Agustus 1999, Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie, meresmikan Ponpes Al Zaytun secara resmi. 

Ponpes Al Zaytun Indramayu

Photo :
  • VIVA.co.id
Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

sebagai pemimpinnya, Prof. Dr. DR (HC) Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang anggota parlemen. Selain itu, pesantren ini termasuk salah satu pelopor lain yang dibangun di Jawa Barat. Memanfaatkan pendidikan Islam untuk meningkatkan akidah santri adalah tujuan utama Panji Gumilang sejak berdirinya. 

Sementara itu, salah satu prestasi yang berhasil dicapai oleh Ponpes Al Zaytun adalah saat media Washington Time menobatkan Ponpes Al Zaytun sebagai ponpes terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2005 lalu. 

Tak Hanya Divonis 1 Tahun, Panji Gumilang Harus Bayar Biaya Perkara

Pesantren ini juga mempunyai setidaknya 10.000 santri mulai dari tingkat SD sampai perguruan tinggi. 

Selayaknya pesantren modern, Al Zaytun menawarkan pendidikan dengan fasilitas lengkap. Mulai dari lab komputer, bahasa asing, sampai program bilingual untuk calon santri. 

Halaman Selanjutnya
img_title