Rombongan Jemaah Haji Pulang ke Indonesia Mulai Tanggal 4 Juli 2023

Jemaah Indonesia tengah menunaikan ibadah Umrah
Sumber :
  • Fuad Hasan/Maktour

Viva BandungJemaah haji Indonesia mulai meninggalkan Mina dan kembali ke hotel di Mekkah. Setelah sebelumnya mengikuti prosesi mabit atau bermalam dan melempar jumrah. Kemudian, dilanjutkan dengan tawaf ifadoh dan sai.

Musim Haji Usai, 77 Jemaah Haji Indonesia Masih Tertahan di Arab Saudi karena Jalani Perawatan di Ru

Setelah semua rangkaian puncak haji tuntas, jemaah haji gelombang pertama akan bersiap kembali ke tanah air.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto, mengatakan bahwa jemaah haji gelombang pertama ini akan dipulangkan ke tanah air mulai tanggal 4 Juli 2023.

Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang Akan Diteruskan Tanpa Batas Waktu

Kloter pertama yang kembali ke tanah air adalah dari embarkasi Batam (BTH). Mereka akan terbang dari Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah pada pukul 00.05 waktu Arab Saudi (WAS).

"Selanjutnya menyusul jemaah haji dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) kloter 1, terbang pukul 00.10 WAS," kata Haryanto, Jumat, 30 Juni 2023.

Menag Yaqut Evaluasi Sejak Manasik Haji Terkait Aksi Vandalisme Tulisan "Depok" di Gua Hira

Haryanto mengingatkan jemaah haji untuk tidak membawa barang berlebihan, karena khawatir tidak akan lolos saat pemeriksaan imigrasi oleh petugas maskapai penerbangan.

Haryanto menambahkan Jemaah haji hanya boleh membawa koper bagasi dengan berat maksimal 32 kilogram, koper kabin maksimal 7 kg, dan tas paspor.

Halaman Selanjutnya
img_title