Terkait Kasus Panji Gumilang, Tanggapan Habib Kribo Mengenai Hukum Penistaan Agama

Habib Kribo
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung – Saat ini, Panji Gumilang tengah menjalani proses hukum atas dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh dirinya. Di tengah kontroversi itu, muncul seorang pemuka agama bernama Habib Kribo. Dirinya menegaskan bahwa hukum penistaan agama harus dihapuskan.

Bukan Penistaan Agama, Ini Alasan TikToker Galih Loss Buat Konten Soal Taawudz

Panji Gumilang sendiri mendapatkan banyak kritikan, mulai dari ajaran Islam yang diduga menyimpang hingga dihubungkan dengan NII KW9. Mereka bahkan sempat mencampurkan jemaah pria dan wanita dalam satu shaf salat.

Habib Kribo pun hadir sebagai narasumber dalam program Catatan Demokrasi di tvOne. Ia menjawab soal ramainya tuduhan mengenai dirinya yang diduga sudah membela Panji Gumilang. Ia menegaskan tidak membela pimpinan Ponpes Al Zaytun tersebut. 

Ditangkap Polisi Buntut Penistaan Agama Islam, TikToker Galih Loss: Saya Minta Maaf

"Saya bukan membela sesuatu yang salah, saya hanya ingin menyampaikan suatu kebenaran yang saya pahami, dari kasus Al-Zaytun ini saya pikir sudah sangat menyimpang dari apa yang diharapkan di awal," ungkapnya yang dilansir kanal YouTube tvOnenews. 

"Al-Zaytun katanya ingin mendirikan negara dalam negara atau un-pancasilais  atau melahirkan radikalisme, saya dukung itu, saya memang dari dulu gerakan saya itu melawan radikalisme," tambah Habib Kribo dalam kesempatan tersebut.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Menurutnya, kasus Panji Gumilang ini justru yang dipermasalahkan adalah penistaan agama. Lebih lucu lagi, Habib Kribo mengatakan bahwa yang dibahas adalah fiqih, padahal hukum ibadah dalam Islam adalah furu'iyah atau berbeda tipe.

“Islam ini terpecah dari 72 golongan, masing-masing berbeda cara ibadahnya. Lah kenapa sekarang Al-Zaytun dipermasalahkan katanya salatnya, shafnya, udah lah itu kan masing-masing, kalau kita lihat di Mekah juga salat dicampur perempuan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title