Partai Demokrat Diharapkan PPP Gabung ke Kubu Ganjar Usai Keluar Dari Poros Anies Baswedan

4 Partai Mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Bandung – Pascahengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Partai Demokrat menjadi pusat perhatian politik tanah air.

Ganjar Pranowo Deklarasi Jadi Oposisi, Sejalan dengan PDIP?

Rumor komunikasi antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan Partai Demokrat semakin menguat, memunculkan spekulasi tentang kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat dalam barisan koalisi pengusung Ganjar Pranowo sebagai kandidat calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024.  Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan, Achmad Baidowi, mengungkapkan harapannya terhadap potensi ini.

"Apalagi Mba Puan dengan Mas AHY sudah pernah ketemu, meskipun follow up dari pertemuan itu juga masih ditunggu sebenarnya. Ya mudah-mudahan bisa bersama-sama dengan kami," kata Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/9/2023) lalu. 

Peneliti BRIN Sebut Oposisi akan Lemah di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal PKS dan PDIP

Di sisi lain, Baidowi juga memandang bahwa wacana poros baru yang sebelumnya menjadi perbincangan kini cenderung memudar. Rumor poros baru sebelumnya disinggung oleh Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Dalam konferensi pers atas sikap Anies Baswedan memilih Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden, SBY mengatakan ada seorang Menteri di kabinet pemerintahan yang mencoba membuat poros politik baru antara PPP, Demokrat, dan Partai Persatuan Pembangunan. 

Habib Bahar Ungkap Hikmah Kemenangan Prabowo-Gibran: Akhirnya PDIP Nyungsep

"Isu poros baru sampai sejauh ini kok saya melihatnya semakin menipis. Awalnya agak santer biasa ya, terus kemudian sekarang sudah mulai menipis, menipis. Ya namanya politik segala kemungkinan bisa saja terjadi," ujar Baidowi. 

Melihat kondisi politik saat ini, Baidowi pun meragukan terbentuknya satu poros koalisi tambahan yang akan berlaga di Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title