Strategi Pupuk Kujang Recovery Hulu dan Hilir Citarum

Taman Edukasi Citarum
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG - Sungai Citarum adalah urat nadi kehidupan. Manfaatnya sangat vital bagi peradaban manusia, tak terkecuali bagi Pupuk Kujang. Setiap hari, sebanyak 59.536 m3 air Citarum disalurkan ke pabrik di Cikampek untuk bahan baku pupuk. Dengan air Citarum sebanyak itu, Pupuk Kujang membuat pupuk untuk digunakan petani.

Manfaat Sampah Dapur Cangkang Telur untuk Berkebun, Kaya Kalsium bagi Tanaman

“Bagi Pupuk Kujang, Sungai Citarum sangat penting. Karena itu, perusahaan terus komitmen untuk berkontribusi dalam program pemulihan Citarum,” kata Andika Arif Kurniawan, VP K3 LH Pupuk Kujang, Jumat, 5 Agustus 2022.

Penanganan sungai Citarum dilakukan berbagai pihak secara pentahelix. Mulai dari pemerintah, masyarakat, perusahaan dan organisasi saling menyokong program tersebut. Sebagai perusahaan yang peduli pada lingkungan, Pupuk Kujang turut ambil bagian dalam upaya pemulihan Citarum, baik itu di hulu maupun hilir sungai terpanjang di Jawa Barat itu.

Pupuk Kujang Bantu Pulihkan Sektor Pertanian di Cianjur

Di hilir, tepatnya di wilayah Karawang, Pupuk kujang melakukan restorasi ekosistem bantaran sungai dengan rutin menanam pohon buah di kawasan tersebut. Hingga kini, sudah 3 ribu pohon telah ditanam. Jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon buah seperti durian, mangga, rambutan, dan pohon lainnya. Seluruh insan Pupuk Kujang juga berkontribusi dalam restorasi tersebut melalui program sakasopo atau satu karyawan satu pohon.

Menanam pohon di bantaran sungai dilakukan karena bisa mencegah dan mengurangi ketinggian banjir hingga 20 persen. “Pohon sifatnya menyerap air, sehingga mudah-mudahan bisa menyerap air saat volume air Citarum sedang tinggi. Selain itu buah dari tanaman ini bisa bermanfaat untuk pengunjung dan warga sekitar,” kata Andika.

Untuk Pertama Kalinya Pupuk Kujang Raih Proper Emas dari KLHK

Selain menanam ribuan pohon, Pupuk Kujang memulai pembuatan fasilitas rekreasi dan edukasi. Di dalamnya terdapat taman edukasi, jogging track, taman, hidram, bio reaktor, hingga pembangkit listrik hybrid. “Kedepannya, ini akan jadi taman edukasi ramah lingkungan yang berfungsi sebagai green public space untuk masyarakat sekaligus melakukan konservasi sumber daya alam dengan program-program yang baik,” ujar Andika.

Di hulu Citarum, Pupuk Kujang berupaya membantu mengurangi pencemaran limbah kotoran hewan yang kerap mencemari Citarum. Seperti diketahui, kotoran hewan menjadi salahsatu penyumbang yang mencemari Sungai Citarum.

Halaman Selanjutnya
img_title