Ilmuwan Temukan Hal Aneh Soal Tikus, Ternyata Suka Lagu Lady Gaga

Ilustrasi tikus
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Tikus memiliki ritme dan dengan senang hati akan mengikuti irama dari lagu Lady Gaga dan Queen, demikian temuan para ilmuwan.

Momen Lucu saat Iis Dahlia Diledek Sang Anak Karena Salah Lirik 'Marhaban Tiba'

Para peneliti di University of Tokyo memainkan musik untuk 10 tikus, dilengkapi dengan akselerometer nirkabel untuk mengukur gerakan kepala mereka, menurut penelitian yang diterbitkan pada Jumat pekan lalu, melansir jurnal Science Advances, Senin, 14 November 2022.

Musik yang dimainkan adalah lagi Born This Way dari Lady Gaga, Another One Bites the Dust dari Queen, Sonata dari Mozart untuk Two Pianos in D Major, Beat It oleh Michael Jackson dan Sugar dari Maroon 5.

Gagal Rujuk! Virgoun Tuntut Balik Inara Rusli yang Minta Royalti Lagu

Bagian lagu berdurasi satu menit dimainkan dengan empat kecepatan berbeda untuk 10 tikus dan 20 peserta manusia. Studi tersebut menemukan bahwa tikus dan manusia memiliki sinkronisasi detak terbaik dalam kisaran 120 hingga 140 detak per menit.

Para ilmuwan dalam percobaan berharap untuk mengetahui apakah hewan kecil seperti tikus lebih memilih detak yang lebih cepat daripada manusia, berpikir itu akan berkorelasi dengan faktor fisik seperti detak jantung dan ukuran tubuh.

Inara Rusli Minta Bagian Royalti Lagu Virgoun, Eva Manurung Tak Setuju: Enak Aja!

Hasilnya, mereka menemukan bahwa tikus-tikus itu berhasil mengikuti semua lagu saat diputar dengan 132 ketukan per menit, sama seperti manusia.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa mereka kurang menyukainya ketika lagu itu diperlambat atau dipercepat.

Halaman Selanjutnya
img_title