4 Buah yang Ampuh Atasi Hipertensi, Murah dan Banyak Dijual di Pasaran

Tekanan darah/hipertensi
Tekanan darah/hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA Bandung – Hipertensi masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama seluruh masyarakat di Indonesia tanpa pandang usia dan gender. Kendati begitu, tekanan darah tinggi ini ternyata dapat diatasi dengan pola makan sehat, terutama dengan mengonsumsi buah-buahan potensial yang mudah ditemui dengan harga terjangkau.

Jumlah penyandang hipertensi di Indonesia tidak berkurang dalam satu dekade terakhir. Oleh karena itu, upaya pencegahan hipertensi yang optimal dan tatalaksana hipertensi sangat diperlukan untuk menurunkan risiko kesakitan, komplikasi, bahkan risiko kematian dini, antara lain dengan modifikasi gaya hidup dan pemberian terapi obat rutin ketika sudah diperlukan.

"Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 terjadi kenaikan angka kejadian kasus hipertensi di Indonesia menjadi 34,11 persen dari 25,8 persen pada tahun 2013,” ujar Sekretaris Jenderal InaSH, dr. Djoko Wibisono, Sp.PD-KGH, dalam acara media 17th Scientific Meeting Indonesian Society of Hypertension (InaSH).

"Hipertensi terjadi ketika tekanan darah seseorang terdeteksi  lebih dari 140/90 mmHg pada 2 kali pemeriksaan yang berbeda saat pengukuran di klinik atau fasilitas layanan kesehatan dengan menggunakan alat ukur tekanan darah yang sudah tervalidasi," sambungnya.

Menurut dokter Djoko, prevalensi kasus hipertensi dianalogikan dengan 3 dari 10 orang mengidap penyakit tersebut. Maka, cara paling mudah untuk mencegahnya adalah melalui pola makan sehat, seperti mengonsumsi buah-buahan. Tak hanya itu, beberapa buah juga berpotensi mengatasi tekanan darah tinggi menjadi lebih stabil.

"Buah itu menurunkan darah tinggi itu secara umum jangan yang mengandung gula terlalu tinggi tapi yang mengandung banyak kalium," terangnya.

Buah-buahan apa saja yang mampu mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi? Berikut ulasannya.

Halaman Selanjutnya
img_title