Waspada! Hipertensi Bisa Merusak 2 Organ Vital Ini, Kenali Tanda-tandanya Sebelum Terlambat

Tekanan darah/hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA Bandung Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi kronis yang berbahaya. WHO mencatat sekitar 7,5 juta orang meninggal setiap tahun akibat komplikasi hipertensi. 

Bahaya Mengerikan Lakukan Olahraga Saat Kurang Tidur, Memicu Masalah Jantung

Dijuluki "pembunuh diam" karena sering kali tidak menunjukkan gejala, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi fatal pada organ vital seperti jantung dan otak

Spesialis Penyakit Dalam Konseling Ginjal dan Hipertensi, dr. Dina Nilasari, Ph.D, Sp.PD,KGH, menjelaskan dalam tayangan Hidup Sehat tvOne (22 Mei 2024) bahwa hipertensi dapat menyebabkan hilangnya kesadaran tanpa gejala sebelumnya.

Terungkap! Mitos dan Fakta Seputar Minum Kopi untuk Penderita Darah Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi Hipertensi

Photo :
  • Pixabay

”Hipertensi dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran tanpa adanya keluhan sebelumnya. Hipertensi disebut sebagai silent killer sehingga pasien atau siapapun yang mengalami hipertensi bisa tiba-tiba pingsan dan kemungkinan itu suatu stroke. Disebut sillent killer karena tidak merasakan apapun saat tekanan darah tinggi. Pada sangat tinggi menyebabkan stroke,” kata Spesialis Penyakit Dalam Konseling Ginjal dan Hipertensi, dr. Dina Nilasari, Ph.D, Sp.PD,KGH dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Rabu 22 Mei 2024.

Otak Anak Cerdas Dimulai dari Usus Sehat? Begini Penjelasan Ahli tentang Hubungan Keduanya

Dina menambahkan bahwa hipertensi dapat menyebabkan komplikasi di hampir semua organ tubuh, termasuk mata, tangan, dan kaki.

“Risikonya bisa komplikasi. Kalau di mata jadinya penglihatan pasien menurun. Atau akan terlihat adanya bercak kemerahan, perdarahan di area mata,” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title