Petani Milenial Colabs Sama Anggota DPR, Panen Bawang Merah 30 Ton

Anggota DPR Dedi Mulyadi
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi panen bawang merah bersama para petani milenial di Desa Cikeris, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Bawang varietas batu ijo tersebut merupakan aspirasi Kang Dedi Mulyadi untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian para petani muda di wilayah tersebut. Selain bibit, petani juga mendapat bantuan berupa pupuk dan kebutuhan tanam lainnya.

Rizki Hamdani Dorong Generasi Muda Bertani Lewat Tani Milenial Jombang

“Ini adalah kedua kalinya kita panen. Ternyata terbukti bawang merah varietas ini bisa berhasil ditanam di dataran tinggi seperti di sini,” ujar Dedi di sela-sela panen, Kamis 1 September 2022.

Menurutnya, bawang yang ditanam selama dua bulan empat hari tersebut berhasil tumbuh subur di lahan seluas 10 hektare. Dari jumlah lahan tersebut petani bisa mendapatkan hasil hingga 30 ton bawang merah. Setelah dipanen kemudian bawang tersebut akan dikeringkan dan mengalami penyusutan sekitar 60 persen. 

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Bisa Redakan Batuk dan Pilek

Prosesi Panen Bawang Merah 30 Ton

Photo :
  • Prosesi Panen Bawang Merah 30 Ton

Selanjutnya bawang siap dijual ke pasaran. “Artinya jika 1 kg bawang harganya Rp15 ribu, maka setelah ada penyusutan petani masih mendapat untung Rp180 juta. Nantinya uang itu akan menjadi keuntungan modal mereka kembali,” katanya.

Pelajar Penarik Gerobak Rongsokan Ditinggal Kabur Ibu Sejak Bayi

Dedi berharap para petani bisa semakin kreatif dengan menciptakan produk hasil pertanian. Sehingga bawang hasil panen tidak hanya dijual mentah ke pasar tapi bisa dalam produk lainnya. “Bawangnya nanti bisa jadi oleh-oleh khas Cikeris, misal jadi bawang goreng atau produk lainnya. Nanti kan bisa ada keuntungan lebih dari hasil panen dan perekonomian itu terus berputar,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title