DPR dan KLHK Turun Tangan Atasi Limbah Pabrik di Purwakarta

DPR dan KLHK di Kawasan Pabrik di Purwakarta
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi bersama tim dari Pengendali Dampak Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menguji kualitas air dan udara kawasan pabrik Indorama di Desa Kembangkuning, Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.

Untuk Pertama Kalinya Pupuk Kujang Raih Proper Emas dari KLHK

Pengujian ini menindaklanjuti laporan warga yang mengeluhkan bau limbah yang diduga berasal dari PT Indorama. Dedi bersama warga dan pihak Indorama melakukan pengecekan ke sumber yang diduga mengandung limbah dan bau di wilayah dekat pabrik. Di lokasi ini, tim KLHK mengambil sejumlah sampel yang nantinya akan diteliti di laboratorium.

Setelah dari lokasi tersebut, tim KLHK langsung menyambangi Sungai Cikembang untuk keperluan mengambil sampel air dari aliran sungai. Justru di lokasi ini terdapat lebih banyak limbah dan sampah rumah tangga dibanding bau menyengat zat kimia.

World Zero Emissions Momentum Perketat Kendaraan Uji Emisi

Terkait persoalan bau menyengat yang dikeluhkan warga, Dedi menjelaskan, saat ini pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah dari kebocoran limbah pabrik Indorama atau bukan. Pasalnya, sample yang akan dites di lab KLHK akan keluar maksimal 14 hari kerja.

Anggota DPR Dedi Mulyadi

Photo :
  • istimewa
Pelajar Penarik Gerobak Rongsokan Ditinggal Kabur Ibu Sejak Bayi

"Kita tidak bisa simpulkan yah, karena kan hasil lab itu yang nanti menjawab seluruh teka - teki warga. Terutama kan yang menjadi problem keluhan bau yang selama 8 tahun tidak pernah ada," ungkap Dedi usai melakukan pengecekan ke lokasi, Selasa, 13 September 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title