Ini Manfaat Jantung Pisang, Bisa Cegah Kanker Prostat dan Gula Darah

Jantung pisang
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Banyak yang tidak mengetahui bahwa jantung pisang bisa memberikan efek yang positif bagi kesehatan.

Kepala Desa Kini Bisa Menjabat 8 Tahun, Kades Indonesia Bersatu Ucapkan Terimakasih Ke Sosok Ini

Seperti diketahui, jantung pisang merupakan salah satu tanaman yang kerap digunakan untuk beragam masakan nusantara dalam berbagai olahan yang lezat. 

Selain rasa nikmat di lidah, jantung pisang pun mampu memberi khasiat ajaib sehingga tubuh akan lebih sehat dan optimal, terutama di era pandemi saat musim hujan. 

Tidak Perlu Repot, Begini Cara Isi Saldo Dana Cepat dan Aman Via BRImo

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, SpGK., dalam acara Hidup Sehat tvOne, mengungkapkan bahwa di dalam 100 gram jantung pisang mengandung 5,7 gram serat. 

Sementara kebutuhan serat per hari pada tiap orang sekitar 25-30 gram, di mana berguna dalam mengatasi gula darah agar tetap stabil. 

Daftar Makanan yang Dikira Sehat Ternyata Tidak, Apa Saja?

"Kalau bisa dapat 3 kali porsi dari jantung pisang, sudah memenuhi hampir 17 gram kebutuhan serat. Jadi bagus untuk kendalikan kadar gula darah di tubuh. Pada mereka yang diabetes dan yamg sehat sangat bagus," ujar Ida Gunawan, Selasa 11 Oktober 2022. 

Selain itu, jantung pisang juga rendah kalori dan kaya berbagai vitamin mulai dari A,C,E, dan D. Paling utama di dalamnya adalah Vitamin D yang ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit serta mencegah anti ageing. 

Halaman Selanjutnya
img_title