Ini Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi Menurut Sains

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Tanpa secangkir kopi, pagi Anda terasa tak menggairahkan. Dan, berapa banyak Anda bisa minum kopi selama seminggu. Sebenarnya disarankan agar orang tidak mengonsumsi lebih dari 28 cangkir kopi seminggu, yaitu sekitar empat cangkir kopi sehari. 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Namun, minum lebih banyak dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan seseorang—terutama umur mereka. Satu studi yang mengevaluasi 40.000 orang dewasa menemukan bahwa minum lebih dari rata-rata empat cangkir kopi sehari memang menyebabkan efek samping yang buruk pada tubuh mereka.

Sebuah studi baru-baru ini dari European Society of Cardiology menemukan bahwa sweet spot adalah dua hingga tiga cangkir sehari. Ditambah lagi, ia mencatat bahwa semua jenis kopi—bubuk, instan, dan kopi tanpa kafein—memiliki efek positif yang dapat memperpanjang umur Anda.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Jika Anda orang yang mengonsumsi lebih dari 32 ons kopi sehari atau suka menurunkan latte manis dari rantai kopi lokal Anda, mungkin bijaksana untuk mengevaluasi efek samping buruk ini jika Anda minum terlalu banyak kopi. 

Meski memiliki sedikit kafein dapat menyebabkan risiko kematian yang lebih rendah menurut AARP, minum terlalu banyak dapat menciptakan efek samping negatif bagi kesehatan seseorang.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Berikut adalah efek samping buruk yang diharapkan jika Anda minum terlalu banyak kopi, menurut penelitian yang dikutip dari Eat This.

1. Merasa Cemas

Halaman Selanjutnya
img_title