Ibu adalah Sosok Juru Kunci Ketahanan Pangan dan Pengendali Inflasi

Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi banyak belajar soal ketahanan pangan dari pola pengasuhan sang ibu. Meski hidup pas-pasan, namun sosok ibu bisa mengatur ketahanan pangan dan ekonomi keluarga hingga sembilan anaknya lulus kuliah.

Merinding! Begini Kronologi Remaja Bunuh Ibu Kandung di Sukabumi Pakai Garpu Tanah

Hal tersebut dipaparkan oleh Kang Dedi saat menjadi pembicara pada acara sosialisasi Ketahanan Pangan dan Pengendalian Inflasi di Gedung Yudhistira, Pemkab Purwakarta, Senin, 14 November 2022.

Menurutnya di era tahun 70-an Indonesia mengalami musim paceklik. Namun di saat itu ibu Kang Dedi bisa memenej pengolahan pangan dengan memanfaatkan cadangan pangan yang ada di dalam dan luar rumah.

Gagal Tekan Laju Inflasi, BPA Minta Mendagri Copot Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah

Cadangan pangan tersebut berupa beras di gentong, tanaman sayur dan bumbu masakan di pekarangan rumah. Sehingga meski sedang paceklik semua orang di rumah bisa makan.

"Dalam pengelolan seperti itu uang tidak begitu penting karena ibu cerdas memenej dapur. Maka ibu adalah juru kunci ketahanan pangan dan pengendali inflasi yang seutuhnya," ujar Kang Dedi.

Resmi Tutup Pabrik di Purwakarta, Begini Sejarah Brand Sepatu BATA

Di satu sisi, kini negara bersiap menghadapi tantangan global berupa ancaman inflasi. Kang Dedi merasa ragu Indonesia bisa melampaui hal tersebut karena sejak dulu negara tidak pernah berhitung pahit, tapi selalu manis.

Negara kini mengatur seluruh siklus kehidupan masyarakat seperti pengelolaan ekonomi di barat. Namun nyatanya kini banyak negara barat yang justru mengalami titik perekonomian yang rendah imbas dari perang antara Ukraina dan Rusia.

Halaman Selanjutnya
img_title