Musim Kebakaran Hutan Parah Terjadi di Kanada

Kebakaran Hutan Kanada
Sumber :

Viva Bandung – Saat ini, Kanada tengah menghadapi kebakaran hutan yang sangat parah. Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengungkapkannya pada Selasa, 6 Juni 2023 kemarin.

Tersangka Kebakaran Bromo Didenda Rp1,5 M, BNPB Sebut Masih Kurang Dibanding Biaya Water Bombing

"Kami berdiri bersama ratusan perempuan dan laki-laki pemberani yang memerangi kebakaran hutan di seluruh negeri," kata Trudeau dalam sesi pengarahan pers.

Trudeau menekankan bahwa Kanada tengah menghadapi "musim kebakaran hutan yang sangat parah". Negara ini bekerjasama dengan beberapa negara untuk memadamkan api. Negara-negara tersebut antara lain Selandia Baru, Prancis, dan Afrika Selatan.

Kebakaran yang Disebabkan oleh Flare saat Prewedding Menjadi yang Terparah dalam Sejarah Kawasan Bro

“Sejauh ini, kami telah menyetujui tiga permintaan untuk bantuan federal di Alberta, Nova Scotia, dan Quebec. Bantuan ini termasuk mengerahkan anggota Angkatan Bersenjata Kanada guna membantu peran pemadam kebakaran, sumber daya pengangkutan udara, dan dukungan teknik,” ujarnya.

Kanada juga terus melatih para petugas pemadam kebakaran melalui Wildfire Training Fund, sebuah inisiatif pemerintah dalam mendukung lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran dan 125 penjaga kebakarang dari kalangan masyarakat adat.

Gunung Ciremai Kebakaran, Sebanyak 120 Petugas Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Pada 2023 ini, terjadi kebakaran hutan sebanyak 413 kali, dan 249 di antaranya dianggap tidak terkendali. Ada 18 kebakaran aktif yang berdampak pada penduduk di Kanada. Ada 6 kebakaran di Alberta, 5 di Saskatchewan, 1 di Wilayah Barat Laut, 4 di Quebec, dan 2 di Nova Scotia.

diperkirakan 26.000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka, katanya. Kanada telah dihadapkan dengan kebakaran hutan sejak awal Mei. Saat ini ada lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran yang membantu memadamkan api dari AS, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. Kanada berharap akan ada petugas pemadam kebakaran tambahan dari Prancis.