Jamaah Al Zaytun Laksanakan Haji, Ken Setiawan: Tawaf Keliling Pesantren Pakai Mobil

Mantan Pendiri NII, Ken Setiawan (Tengah)
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Seorang mantan tokoh NII sekaligus alumni Ponpes Al Zaytun, Ken Setiawan kembali menjadi muncul ke publik dan menerangkan soal kontroversi Ponpes Al Zaytun.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Ken menjelaskan bahwa para jamaah Al Zaytun memiliki tradisi pelaksana haji tersendiri. Mereka satu Indonesia yang bergabung dalam kelompok NII itu melaksanakan haji di Ponpes Al Zaytun setiap tanggal 1 Muharam.

Hal itu disampaikannya saat mengisi seminar di pondok pesantren Hidayatuttholibin, Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Tak Hanya Divonis 1 Tahun, Panji Gumilang Harus Bayar Biaya Perkara

Menurut Ken, tawafnya bukan keliling Ka'bah, tapi keliling Ponpes Al Zaytun seluas 1200 hektar menggunakan mobil.

"Melempar jumroh bukan pakai batu tapi pakai sak semen, semakin besar semakin soleh. Mereka juga mengatakan Alquran ini bukan dari Allah melainkan perkataan Nabi Muhammad, berarti ini kan menodakan agama," jelas Ken Setiawan dikutip dari VIVA, Senin (19/6/2023).

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

Ken Setiawan, Alumni Ponpes Al Zaytun sekaligus mantan Pendiri NII Crisis Center

Photo :
  • tvOneNews

"Al Zaytun membuat nama pesantren jelek. Kita berharap pemerintah adil, menyelesaikan masalah Al Zaytun ini. MUI agar mengeluarkan fatwa. Kemenag dengan bukti-bukti yang ada agar menindak Al Zaytun," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title