Fajri, Pria Obesitas Asal Tangerang Meninggal Dunia. Waspadai Pemicu Kasus Obesitas yang Melonjak

muhammad fajri
Sumber :

Viva Bandung – Fajri, pria obesitas dengan berat badan hampir 300 kilogram meninggal dunia karena berbagai komplikasi yang dideritanya. Kasus obesitas ini sebenarnya dipicu oleh banyak faktor gaya hidup yang sering tidak disadari masyarakat.

5 Rahasia Olahraga Tetap Aman dan Nggak Loyo Saat Berpuasa

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jumlah kasus diabetes global diperkirakan akan berlipat ganda, menjadi 1,3 miliar pada tahun 2050 mendatang. Saat ini, ada lebih dari setengah miliar orang hidup dengan diabetes. Sebagian besar didiagnosis diabetes tipe dua, yang berhubungan dengan obesitas.

"Ini merupakan peningkatan yang signifikan sejak tahun 1980 ketika sekitar 108 juta orang hidup dengan kondisi tersebut, mendorong para ahli untuk memperingatkan faktor risiko utamanya."

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat & Praktis Ala Dokter

"Tingkat cepat di mana diabetes berkembang tidak hanya mengkhawatirkan tetapi juga menantang untuk setiap sistem kesehatan di dunia, terutama mengingat bagaimana penyakit ini juga meningkat. Risiko penyakit jantung iskemik dan stroke," ujar penulis utama studi tersebut, Dr Liane Ong, dari University of Washington, Seattle.

Obesitas yang memicu diabetes berpotensi melipatgandakan penderitanya serangan jantung dan meningkatkan amputasi kaki. Komplikasi tambahan tersebut bisa stroke, gagal ginjal, kerusakan saraf, hingga kebutaan.

Aturan Konsumsi Kurma yang Tepat Saat Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

"Sementara masyarakat umum mungkin percaya diabetes tipe 2 hanya terkait dengan obesitas, kurang olahraga, dan pola makan yang buruk, mencegah dan mengendalikannya cukup kompleks karena sejumlah faktor," kata dia.

Itu termasuk genetika seseorang, serta hambatan logistik, sosial, dan keuangan dalam sistem struktural suatu negara, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Di sisi lain, pola makan buruk yang gemar konsumsi gula serta tinggi lemak pun, kini menjadi penyebab utama pada obesitas itu sendiri.

Halaman Selanjutnya
img_title