Autopsi Ulang Brigadir J Bakal Libatkan Tim Independen

Keluarga Brigadir J
Sumber :
  • VIVA/Syafaruddin Nasution

BANDUNG – Ketua Harian Kompolnas RI, Benny Mamoto mengatakan tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyetujui dilakukan autopsi ulang atau ekshumasi pada jasad Brigadir J. Selain dari Polri, proses autopsi akan melibatkan tim independen.

Ferdy Sambo Tidak Berhak Mendapat Remisi Natal, Begini Alasannya

"Yang jelas, kami kawal kasus ini dan dukung langkah-langkah ini. Karena tadi untuk jawab keraguan atas autopsi yang dilakukan, maka permintaan untuk autopsi ulang sudah disetujui dan akan diatur waktu pelaksanaannya," kata Benny di Gedung Bareskrim pada Rabu, 20 Juli 2022.

Menurut dia, proses ekshumasi terhadap jasad Brigadir J akan segera dilakukan dengan melibatkan tim forensik independen. Tentu, tidak hanya dari Pusdokkes Polri tapi juga tim independen guna mewujudkan transparansi dalam pengungkapan kasus tersebut.

Istri Ferdy Sambo Dapat Remisi Natal, Masih Harus Jalani Hukuman 9 Tahun

Ketua Harian Kompolnas RI, Benny Mamoto

Photo :
  • ANTARA

"Pihak pengacara minta untuk ada ekshumasi gali kubur dan autopsi ulang, maka akan segera dijadwalkan ekshumasi, akan segera dilaksanakan. Jadi tidak hanya dari Pusdokkes Polri, tapi juga dari independen. Nanti kita ikuti bersama hasilnya bagaimana," jelas dia.

Putri Candrawathi Dapat Remisi Natal 1 Bulan, Bagaimana dengan Ferdy Sambo?

Sementara Pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak memohon kepada Kapolri, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto membentuk tim menggali untuk menggali atau membongkar kuburan atau melakukan uji forensik dan autopsi ulang.

"Kami mohon supaya Bapak Kapolri memerintahkan jajarannya, khususnya penyidik dalam mengusut kasus ini, membentuk tim independen yaitu melibatkan dokter-dokter bukan lagi yang dulu, yaitu dari RSPAD, RSAL, RSAU, RSCM, RS Swasta. Mereka bersama-sama bukan sendiri, mereka tim agar transparan dan autentik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title