Profil Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa, Pengganti Nico Afianta

Kapolda Jatim, Teddy Minahasa Putera
Sumber :
  • Polda Sumatera Barat

BANDUNG – Jabatan Irjen Nico Afinta telah digantikan oleh Irjen Polisi Teddy Minahasa Putera sebagai Kapolda Jawa Timur. Nico Afinta kini dipindahkan ke jabatan baru, yakni Sahlisosbud Kapolri. Sebelumnya, Irjen Teddy Minahasa menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat.

Terungkap Misteri Penemuan 5 Mayat di Kampus UNPRI, Kapolda Sumut Akhirnya Angkat Bicara

Penggantian jabatan di tubuh Polri tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP./2022 pada 10 Oktober 2022. Teddy Minahasa juga pernah menjadi mantan ajudan Wapres Jusuf Kalla.

Irjen Pol Teddy Minahasa Putera merupakan perwira tinggi Polri yang lahir pada 23 November 1971 di Minahasa, Sulawesi Utara. Ia merupakan anggota Korps Bhayangkara lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 1993.

Irjen Teddy Minahasa Putra Tetap Dapat Hukuman Pidana Seumur Hidup Karena Kasus Narkoba

Sebelum menduduki jabatannya saat ini, ia pernah menjabat sebagai Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah pada tahun 2008 dan Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta

Photo :
  • Dok. Humas Polda Jatim
Nasib Teddy Minahasa Setelah Kasasi Ditolak MA Tetap Dapat Hukuman Seumur Hidup

Di tahun 2011, Teddy Minahasa dipercaya sebagai Kapolres Malang Kota. Lalu di tahun 2014 ia dipercaya sebagai ajudan Wapres RI Muhammad Jusuf Kalla selama tiga tahun. Kemudian menjadi Staf Ahli Wakil Presiden RI di tahun 2017.

Namun, di tahun  yang sama, Teddy Minahasa dimutasi menjadi Karopaminal Divpropam Polri pada tahun 2017. Selama satu tahun menjabat, pada tahun 2018 ia menjadi Kapolda Banten. Masih di tahun yang sama, Teddy terkena mutasi jabatan sebagai Wakapolda Lampung. 

Halaman Selanjutnya
img_title