FORNAS VII Jawa Barat Diisi oleh Agenda ASEAN Sports Day

Menpora RI, Dito Ariotedjo
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva Bandung – ASEAN Sports Day telah resmi dibuka pada Senin, 3 Juli 2023 kemarin Hal ini berbarengan dengan pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi NAsional (FORNAS) VII Jawa Barat 2023 yang berlokasi di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Soreang, Jawa Barat. Momen ini menjadi penanda pertemuan antara negara Asia TEnggara untuk saling meningkatkan indeks kebugaran masyarakat.

Mengenal Sosok Bang Ucu, Jawara Betawi yang Pernah Pukul Mundur Kelompok Hercules dari Tanah Abang

Ada tujuh negara ASEAN yang ikut ambil bagian dalam acara ini, yaitu Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, dan Indonesia.

"Delegasi beberapa negara Asean ini datang ke Indonesia untuk berdiskusi, memecahkan masalah bersama terkait rendahnya tingkat kebugaran, ini karena kurangnya partisipasi olahraga masyarakatnya," kata Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Tak Gentar dengan Ancaman Nikita Mirzani, Mami Eda Ungkap Bekingannya

Momen ASEAN Sport Day ini penting sekali untuk dilakukan dalam rangka merumuskan masalah sehingga bisa lebih bugar ke depannya. Indonesia memiliki masalah tersebut, sehingga masyarakat harus lebih massif berolahraga. Salah satu upayanya adalah dengan menggalakkan olahraga rekreasi.

Isnanta mengatakan, di level internasional ada ajang bernama The Association For International Sport for All (TAFISA), kemudian di level ASEAN, dinilai perlu dibuat wadah untuk memassalkan kegiatan olahraga di masyarakat.

Nasib Timnas Indonesia U-23 Setelah Menang 1-0 Lawan Timor Leste

"Di Indonesia ada FORNAS, sementara di Asean kan belum. Jadi, harapannya diskusi ini bisa membawa negara Asean untuk bersama-sama membuat gerakan yang membangkitkan semangat berolahraga masyarakatnya dan sekaligus bisa meningkatkan indeks kebugaran masyarakat," tuturnya. 

"ASD ingin mengajak seluruh Asean jadi bangsa yang bugar. Delegasi ketemu di sini akan menjadi contoh, jadi inspirasi mesyarakat yang cinta olahraga," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title