Tak Cuma Enak, 3 Buah Ini Ampuh Atasi Insomnia

Ilustrasi insomnia
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Tidur sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, terutama di musim hujan saat rentan terhadap berbagai penyakit musiman. Meskipun demikian diperkirakan sepertiga dari semua orang dewasa mengalami kesulitan tidur setidaknya sekali dalam hidup mereka. 

Cara Buat Pancake Susu Pisang, Pilihan Menu Sahur yang Sehat

Seorang ahli menganjurkan bahwa beberapa camilan sehat bisa dimakan sebelum tidur untuk dapat membantu terlelap lebih mudah. Peneliti BestMattress-Brand.org, Ray Soberno, merekomendasikan tiga buah untuk jadi cemilan antara lain ceri, buah kiwi, dan pisang untuk meningkatkan kualitas tidur.

"Buah dapat menjadi alat yang sangat baik dalam mengelola masalah kesehatan mental dan fisik dan telah didokumentasikan secara ekstensif oleh para peneliti dan profesional medis, dalam banyak kasus diet terbukti menawarkan solusi alami yang bagus untuk masalah kesehatan termasuk tidur," katanya, dikutip laman Express.

Intip Resep Sahur, Menu Makanan Ini Sehat, Praktis dan Nggak Bikin Gendut

Ceri

Soberno menjelaskan bahwa ceri tart (ceri Montmorency) atau jus ceri asam telah ditemukan dalam penelitian memiliki manfaat tidur yang luar biasa. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mengonsumsi dua porsi satu cangkir jus ceri tart setiap hari menghasilkan kemampuan untuk tertidur lebih cepat, waktu tidur yang lebih lama, dan secara signifikan lebih sedikit terbangun. Dengan demikian, hasilnya adalah peningkatan efisiensi tidur secara keseluruhan. Efek yang sama telah dilaporkan dalam tes lain juga.

Resep Kopi dan Pisang Ala Zaidul Akabar Biar Jadi Pembakar Lemak Cocok Untuk Diet Bapak

Manfaat yang disebutkan dalam penelitian ini mungkin berasal dari fakta bahwa ceri asam memiliki konsentrasi melatonin yang lebih tinggi, yang merupakan hormon yang mengatur ritme sirkadian atau proses internal alami yang mengatur siklus tidur-bangun, dan meningkatkan kualitas tidur yang sehat.

Jus ceri asam juga meningkatkan bioavailabilitas triptofan yang diketahui dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur.

Halaman Selanjutnya
img_title