Perselingkuhan Menantu dan Mertua Disebut Oedipus Kompleks, Apa Itu?

Potret Pernikahan Norma Risma
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Kasus Norma Risma belakangan cukup menarik perhatian publik. Perselingkuhan hingga zina terjadi antara sang suami dan ibu kandungnya sendiri.

Pengakuan Ibu Norma Risma Soal Berhubungan Intim dengan Menantu

Dilansir dari Britannica, hal itu bisa disebut sebagai Oedipus Kompleks yang merupakan keterlibatan seksual dengan orang tua dari lawan jenis. Seperti apa Oedipus Kompleks dan apa ciri-cirinya?

Penyebab Oedipus Kompleks

Di Depan Hakim, Ibu Norma Risma dan Menantu Akhirnya Akui Berzina

Oedipus Kompleks berasal dari seorang pahlawan Theban Oedipus dari legenda Yunani. Dia tanpa sasar membunuh ayah dan akhirnya menikahi sang ibunda. Sementara kompleks Electra sendiri ambil dari nama tokoh mitologis lain, yang membantu membunuh ibunya.

Konsep Oedipus Kompleks dipernalkan oleh Sigmund Freud dalam bukunya Interpretation of Dreams (1899). Ia mengaitkan hal itu dengan seorang anak yang masih balita.

Kecewa Mantan Suami dan Ibu Kandung Tak Ditahan, Norma Risma Minta Ini ke Jaksa

Pada momen itu, biasanya seorang anak akan mengidentifikasi diri dengan orang tua yang berjenis kelamin sama dan menekan naluri seksualnya. Jika tahapan itu dilalui dengan harmonis penuh kasih sayang dan tidak ada pelarangan tidak akan terjadi apapun.

Tetapi, apabila masa itu memicu trauma hingga terjadi infantile neurosis yang merupakan pendahulu penting dari reaksi serupa selama masa dewasa anak. Freud menganggap reaksi terhadap kompleks Oedipus sebagai pencapaian sosial terpenting dari pikiran manusia.

Halaman Selanjutnya
img_title